Viva FT-390 Ban Motor Murah, Grip Bagus, dan Bergaransi

Viva FT-390 tayar Indonesia

Ban adalah komponen yang sangat penting dalam sistem motor. Karena hanya ban lah komponen dari motor yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Kali ini saya akan me-review ban motor Viva FT-390, yang mana ban ini adalah ban import dengan harga murah, grip-nya bagus dan ban ini juga disertai garansi. Mari kita bahas dan review Viva FT-390 Ban Motor Murah, Grip Bagus dan Bergaransi.

Viva ban motor apa?

Viva mungkin lebih dikenal sebagai nama salah satu media online di Indonesia. Tetapi Viva yang kita bahas pada tulisan ini adalah produsen ban motor asal Malaysia yang belum lama masuk ke Indonesia. Ban ini tentunya sudah mengantongi sertifikat SNI, dan juga DOT. Sebelum masuk ke Indonesia ban viva sendiri sudah lebih dulu di ekspor ke berbagai negara yaitu Thailand, Filipina, Mesir, Brazil dan Inggris. Kalau pengen tahu info selengkapnya ban viva ini silahkan klik disini.

Lihat juga :

Review Ban Motor FDR Genzi, Jangan Asal Pilih

Viva FT-390

Ban viva yang saya review ini adalah tipe FT-390 yang merupakan ban tubeless dengan tipe kompon medium. Ban ini sudah saya pakai hampir 1 bulan dan sudah menempuh 2000 km. Ukuran Viva FT-390 yang terpasang di motor Supra X 125 Helm-in saya adalah 70/90-17 untuk depan, dan 80/90-17 untuk belakang. Dalam paket penjualannya ban ini juga dilengkapi dengan garansi yang berlaku untuk cacat produksi seperti retak/mblendung dan berlaku selama 3 bulan/ 3000 km. Harga untuk sepasang ban Viva FT-390 ini relatif murah yaitu dibawah Rp. 400.000.

Desain dan tampilan Viva FT-390

Tampak samping Viva FT-390
Tampak samping Viva FT-390

Dari segi desain dan tampilan, ban Viva FT-390 terlihat lebih tinggi dari ban lain dengan ukuran yang sama. Alur ban yang dalam dan lebar serta meruncing hingga keujung memberikan kesan sporty dan keren terutama kalau dilihat dari samping. Side wall atau dinding ban Viva FT-390 ini lebih melengkung daripada ban lain dan ketika terpasang pada velg memberikan bentuk yang agak sedikit mendonat.

Performa ban Viva FT-390

Alur ban Viva FT-390 dalam & lebar
Alur ban Viva FT-390 dalam & lebar

Grip atau daya cengkram dari ban ini sangat baik sejauh yang saya rasakan. Ketika rem mendadak dan roda terkunci, ban cenderung lurus dan tidak slip atau geol kiri/kanan. Untuk menikung, daya cengkram ban juga bagus dan stabil. Dari bentuk tapak, sebenarnya ban ini tidak cocok untuk menikung/cornering tetapi ketika dicoba gripnya bagus.Bantuk alur ban dengan garis tengah dan garis menyamping hingga keujung sangat baik dalam membuang air, sehingga performa ban ketika melaju di jalan basah tak beda jauh dengan ketika melaju di jalan kering.

Ketika melewati marka jalan garis putih, pada ban ini saya sama sekali tidak merasakan gejala slip/licin yang mana slip/licin ketika melewati garis marka jalan putih selalu saya rasakan pada ban-ban yang sebelumnya saya pakai dan umum dialami para pengendara motor. Satu hal yang kurang memuaskan bagi saya yaitu handling, untuk pengendalian dengan menggunakan ban ini saya merasa tidak terlalu ringan dan lincah. Namun hal ini sebenarnya cukup subjektif dan saya membandingkan dengan ban yang sebelumnya saya pakai.

Lihat juga :

Review Ban Michelin Pilot Street, Udah Lama Baru Ketahuan Jeleknya

Kesimpulan

Dengan harga yang sangat terjangkau tentu ban ini sudah cukup untuk harian, apalagi disertai dengan garansi. Dinilai dari safety tentu cukup memuaskan karena grip ban ini bagus. Overall ban ini pilihan yang menguntungkan jika melihat performa dan harga yang ditawarkan. Sekian dulu untuk review kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan coret-coret di kolom komentar, atau tanyakan langsung pada pihak Ban Motor Viva.

Jangan lupa daftarkan email untuk berlangganan artikel berita motogp terbaru dan otomotif roda dua stradamotoblog.com (disudut kanan atas versi desktop, dan scroll kebawah untuk mobile). Follow dan ikuti juga sosial media stradamotoblog.com :

YouTube : STRADA MOTOLIFE

Instagram : @stradamotolife

Twitter : @stradamotoblog

Kontak email : stradamotolife21@gmail.com

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *