Uji Irit Yamaha Mio S di Kota Padang Tembus 63 km/liter

uji irit mio s padang

Mio S merupakan produk motor matic terbaru dari pabrikan garpu tala Yamaha. Dalam pemasarannya Mio S ini sangat ditonjolkan keiritannya dalam konsumsi BBM. Seberapa iritkah konsumsi BBM Yamaha Mio S ini?. Dari hasil uji irit Yamaha Mio S di Kota Padang, secara mengejutkan Yamaha Mio S mampu tembus 63 km untuk 1 liter bahan bakar pertamax. Penasaran bagaimana proses uji irit ini dilakukan? dan bagaimana feel berkendaranya? mari kita bahas!

Pada sabtu (17/03/2018) Tjahaja Baru selaku main dealer tunggal Yamaha untuk wilayah Sumatera Barat mengadakan kompetisi Mio S Challenge uji irit. Acara ini diikuti oleh 10 peserta pengguna motor selain pabrikan Yamaha, dan saya admin stradamotoblog.com juga berkesempatan mengikuti acara tersebut. Kompetisi ini juga menjanjikan hadiah menarik yaitu uang Rp. 500.000 untuk peserta yang berhasil menempuh jarak terjauh, kemudian Rp. 300.000 dan Rp. 200.000 untuk jarak tempuh terjauh ke-2 dan ke-3.

Sebelum acara ini dimulai pihak Yamaha Tjahaja Baru juga memberikan briefing terlebih dahulu, yang mana Yamaha Mio S ini memiliki Eco Indicator yaitu motor berjalan dengan mode irit yang bekerja pada kecepatan antara 40-60 km/jam.

Metode pengujian

Uji irit ini dimulai dalam keadaan tangki unit Mio S benar-benar kosong dan motor sama sekali tidak bisa dihidupkan/distarter. Kemudian pihak Yamaha menyediakan gelas ukur 1000 ml yang diisi dengan bahan bakar pertamax, dan peserta yang memasukkan sendiri bahan bakar tersebut ke dalam tangki unit masing-masing.  Kemudian rombongan memulai touring uji irit Mio S challenge dengan back up 1 unit mobil dari Yamaha yang membawa BBM cadangan.

Baca juga :

Resmi : Valentino Rossi Perpanjak Kontrak Bersama Movistar Yamaha

Rute uji irit

Touring uji irit Mio S Challenge ini dimulai dari sentral Yamaha Tjahaja Baru damar menuju jalan akses Bandara Minangkabau, dimana rute yang dilalui adalah perkotaan dengan banyak hambatan yang memaksa peserta stop n go. Selanjutnya dari jalan akses bandara dilanjutkan menuju bypass dimana rute ini relatif lebih sepi dengan jalan yang lurus, dan disini saya bisa mempertahankan laju Mio S antara 50-60 km/jam.

Dari bypass rute yang dilalui kembali ke area perkotaan menuju jembatan siti nurbaya dengan banyak hambatan seperti pasar dan lampu merah. Berikutnya rute lanjut ke jalan baru menuju pantai air manis yang mana rute ini terdiri dari tanjakan dan turunan, bahkan karena jalan sempit dan cukup ramai Mio S pun dipaksa stop n go di jalanan yang menanjak.

Feel riding Mio S

Dengan tujuan uji irit tentu feel riding yang dirasakan pada Mio S sangat berbeda. Ketika melaju dibawah 40 km/jam kinerja mesin sangat terasa. Mulai memasuki dan melewati angka 40 km/jam mesin berubah menjadi lebih smooth dan seperti dalam kondisi relaks. Lain lagi ketika sedang melaju diatas 40 km/jam dan gas dilepas, engine brake mulai terasa saat melewati angka 40 km/jam, dan akan sangat terasa sekali ketika memasuki angka 20 km/jam.

juara uji irit mio s 63 kmliter stradamotoblogcom
Juara 3 uji irit lumayan Rp. 200.000 coy..

Secara umum feel riding yang saya rasakan bersama Mio S sangat ringan, dan ketika melewati tanjakanpun Mio S terasa bertenaga dan cukup responsif. Selepas dari pantai air manis dan kembali menuju sentral Yamaha, dirute inilah peserta uji irit Mio S mulai tewas bertumbangan satu per satu. Paling rendah Mio S tumbang diangka 53 km, sedangkan saya sendiri mampu tembus agak lumayan lah 59 km. Kenny salah satu Motovlogger Sumbar yang hadir mampu tembus 61 km dan keluar sebagai juara ke-3. Dan juara 1 mampu menempuh jarak 63 km.

Baca juga :

Rossi Khawatir dengan Ban Jelang Race MotoGP Qatar

Kesimpulan

Uji irit yang dilakukan tentu sangat objektif menggambarkan konsumsi BBM Mio S dengan berbagai macam rute yang dilalui mulai dari stop n go hingga tanjakan. Dengan capaian terjauh 63 km/liter tentu layak dikatakan sangat irit untuk kategori motor matic, apalagi dengan konfigurasi mesin 125 cc, yang cukup besar untuk matic dan memiliki tenaga responsif. Video uji irit Yamaha Mio S ini akan segera tayang di chanel YouTube STRADA MOTOLIFE dan pastikan subscribe terlebih dahulu agar tidak ketinggalan pemberitahuan video sudah diupload.

Jangan lupa daftarkan email anda untuk berlangganan artikel berita otomotif roda dua terbaru stradamotoblog.com (disudut kanan atas versi desktop, dan scroll kebawah untuk mobile). Follow dan ikuti juga sosial media stradamotoblog.com :

YouTube : STRADA MOTOLIFE

Instagram : @stradamotolife

Twitter : @stradamotoblog

Kontak email : stradamotolife21@gmail.com

Galeri foto Mio S Challenge:

Sumber: Yamaha Tjahaja Baru
Sumber: Yamaha Tjahaja Baru
Sumber: Yamaha Tjahaja Baru
Sumber: Yamaha Tjahaja Baru
Sumber: Yamaha Tjahaja Baru
Sumber: Yamaha Tjahaja Baru
Advertisements

5 Comments on “Uji Irit Yamaha Mio S di Kota Padang Tembus 63 km/liter”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *