Hasil Buruk pada Free Practice, Inilah Masalah Ducati Desmosedici GP18

99-jorge-lorenzo-motogp argentina practice stradamotoblogcom

stradamotoblog.com– Hasil sesi Free Practice 2 MotoGP Argentina menjadi bencana bagi Ducati. Tiga pembalap yang menunggangi Desmosedici GP18 tampil melempem, bahkan Andrea Dovizioso berada di urutan paling buncit. Sudah tentu ada suatu masalah besar yang melanda Ducati mengingat Desmosedici GP18 adalah motor yang kompetitif.

Dilansir dari crash.net (07/04/2018) Andrea Dovizioso mengatakan bahwa ia sama sekali tidak mendapat feeling menunggangi Desmosedici GP18. Bahkan Dovizioso sendiri harus menutup gas pada tikungan 4, dan lintasan lurus, karena motor menjadi liar dan sangat beresiko untuk jatuh. Secara umum masalah yang dihadapi adalah kurangnya grip, tapi tentu memecahkannya tidak semudah yang dikira.

Pada dasarnya sirkuit Termas de Rio Hondo memang sulit bagi Ducati, karena banyak terjadi wheelspin dengan tikungan yang panjang. Tetapi setiap jenis ban yang coba digunakan oleh DesmoDovi sama sekali tak memberikan perubahan signifikan pada grip. Jadi Dovi dan Ducati harus mencari cara lain untuk meningkatkan grip agar menjadi lebih cepat.

Lain hal dengan Jorge Lorenzo rekan satu tim Dovi yang juga mengalami performa kurang baik. Lorenzo menyalahkan angin yang menyebabkan Desmosedici GP18 tak mampu kompetitif. Bagi Lorenzo angin menyebabkan kontak ban depan dengan aspal menjadi berkurang. Lorenzo mencontohkan pada tikungan terakhir yang bersifat tikungan cepat ia kehilangan waktu 0,5 detik karena tidak berani membuka gas penuh dengan kondisi yang ia alami.

Sementara itu Danilo Petrucci yang juga menunggangi Demosedici GP18 mengungkapkan penyebab yang kurang lebih sama dengan Dovizioso. Petrucci tampil lebih baik dibanding Lorenzo dan Dovi dengan urutan tercepat ke-13, yang menjadi masalah bagi Petrucci adalah grip pada ban yang kurang dengan semua tipe kompon yang telah dicoba.

Baca juga :

Hasil FP1 dan FP2 MotoGP Argentina

Ban hanya mampu bertahan 10 lap, dan feeling menunggangi motor selalu berbeda pada setiap lap, sehingga ia tak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari motor. Mengingat masalah grip yang dialami Dovi dan Petrucci yang tidak bisa ditanggulangi dengan ban, mungkin Ducati akan mencoba merubah setting pada elektronik agar pembalap dapat lebih nyaman dalam mengontrol gas.

Sementara itu masalah yang dialami Lorenzo bukan tidak mungkin akan diatasi dengan penggunaan fairing model tahun lalu, dimana terbukti Tito Rabat dan Jack Miller yang menggunakannya berhasil menembus 10 besar, bahkan Rabat menempati urutan 3 pada FP2.

titorabat aero fairing stradamotoblogcom
Tito Rabat (Sumber : motogp.com)
43-jack-miller-aus_aero fairing stradamotoblogcom
Jack Miller (Sumber : motogp.com)

Apakah Ducati akan berhasil mengatasi masalah pada Desmosedici GP18? Kita tunggu saja pada sesi FP3 yang akan berlangsung pada malam ini pukul 20:55 WIB dilanjutkan dengan kualifikasi Q1 dan Q2 pada pukul 01:10 WIB dini hari.

Baca juga :

Jadwal Lengkap Kualifikasi dan Race MotoGP Argentina 2018

Jangan lupa daftarkan email anda untuk berlangganan artikel berita MotoGP Argentina terbaru dan otomotif roda dua stradamotoblog.com (disudut kanan atas versi desktop, dan scroll kebawah untuk mobile). Follow dan ikuti juga sosial media stradamotoblog.com :

YouTube : STRADA MOTOLIFE

Instagram : @stradamotolife

Twitter : @stradamotoblog

Kontak email : stradamotolife21@gmail.com

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *