Sejumlah Pembalap Berpotensi Tolak Balapan Jika Cuaca Hujan di MotoGP Austria

Sejumlah Pembalap Berpotensi Tolak Balapan Jika Cuaca Hujan Austria

STRADAMOTOBLOG.COM – Jelang MotoGP seri ke-11 di sirkuit Red Bull Ring Austria masalah keselamatan menjadi perbincangan. Sejumlah pembalap berpotensi tolak balapan jika cuaca hujan di MotoGP Austria. Hal ini tentu adalah masalah serius jelang GP Austria, apakah sebabnya?.

Perkakas

Rangkaian sesi MotoGP seri ke-11 di sirkuit Red Bull Ring Austria akan mulai bergulir pada hari ini (Jum’at, 10/08). Cuaca menjadi perhatian jelang MotoGP Austria karena, seperti dilansir dari crash.net (07/08) cuaca di Austria diprediksi akan hujan pada hari Jum’at dan Sabtu ini. Keselamatan di sirkuit saat cuaca hujan ini menjadi perhatian bagi para pembalap di MotoGP.

Sejumlah pembalap berpotensi tolak balapan jika cuaca hujan

Kekhawatiran akan keselamatan ini mucul setelah tahun lalu 11 pembalap Moto2 terjatuh dalam jangka waktu setengah jam saat sesi FP1 MotoGP Austria berlangsung dalam kondisi basah. Sebagian besar dari mereka terjatuh pada tikungan 1 dengan kehilangan cengkraman ban depan. Saat itu ada rumor beredar sejumlah pembalap MotoGP menolak untuk balapan jika kondisi yang sama terjadi.

Sejumlah Pembalap Berpotensi Tolak Balapan Jika Cuaca Hujan cructhlow
Cal Crutchlow ©MotoGP

Namun pada akhirnya cuaca membaik hingga race dan semua berjalan sesuai rencana. Bagaimanakah dengan tahun ini?, Cal Crutchlow mengatakan: “Kami akan menunggu, kemudian membuat petisi menolak balapan jika kondisi yang sama terjadi. Bisa kamu bayangkan terjatuh pada akhir trek lurus dengan kecepatan 300 km/jam dan menghantam tembok pembatas? (seperti Moto2 tahun lalu)”.

Cal Crutchlow juga menambahkan, pada MotoGP kami melakukan pengereman lebih kuat dari Moto2, jadi potensi terjatuh pada kondisi basah lebih besar. Jika kondisi cuaca hujan benar terjadi, Crutchlow mengatakan “Ada beberapa dari kami (pembalap MotoGP) yang tidak mau membalap”.

Teori yang beredar kenapa sirkuit Red Bull Ring menjadi sangat licin ketika hujan dan tak ada masalah saat kering adalah musim dingin yang terjadi di Spielberg Austria. Pada musim dingin aspal sirkuit dijaga lebih ketat agar air tetap mengalir keluar, karena jika hal itu tidak dilakukan aspal berpotensi rusak ketika membeku (disebabkan sisa air dan cuaca dingin).

Cal Crutchlow secara tegas mengatakan bahwa ia tidak suka dengan kondisi aspal sirkuit ini, dan ia juga tahu sekitar 20 pembalap lain juga tidak menyukainya. Tentu apa yang dikatakan Cructhlow ini sangat penting untuk keselamatan, dan menariknya Crutchlow yakin dan seperti sudah mengetahui pembalap lain juga sependapat dengannya.

Baca juga artikel MotoGP pilihan berikut:

Ingin berlangganan gratis artikel terbaru stradamotoblog.com? silahkan daftarkan email anda pada widget sebelah kanan atas untuk desktop, dan scroll kebawah untuk versi mobile.

Instagram: @stradamotolife

Twitter: @stradamotoblog

YouTube: STRADA MOTOLIFE

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *