Inilah Sebab Terpuruk Yamaha di MotoGP Austria 2018

Sebab Terpuruk Yamaha di MotoGP Austria 2018

STRADAMOTOBLOG.COM – Performa Yamaha di sesi FP1 dan FP2 yang telah berlangsung cukup buruk. Sangat terlihat jelas Yamaha tak mampu bersaing di sirkuit ini, bahkan saat hujan Maverick Vinales terlempar jauh dari 10 besar. Kenapa ini bisa terjadi?, inilah sebab Terpuruk Yamaha di MotoGP Austria 2018.

Perkakas

Sesi FP1 dan FP2 MotoGP Austria 2018 telah berlangsung kemarin (Jum’at, 10/08), sesi FP1 berlangsung dalam kondisi berawan dan Yamaha sudah terlihat akan kesusahan di sirkuit Red Bull Ring ini. Maverick Vinales hanya mampu menempati urutan ke-10 dan Valentino Rossi di urutan ke-11, kedua pembalap ini masih kalah cepat dari Johann Zarco sebagai pembalap satelit Yamaha.

Sementara itu pada sesi FP2 yang berlangsung dalam kondisi hujan dan aspal basah, performa Yamaha semakin buruk. Valentino Rossi menjadi pembalap Yamaha tercepat dan hanya menempati urutan ke-10, sementara itu Maverick Vinales terpuruk jauh turun drastis ke urutan 20. Dengan kondisi seperti ini Austria bisa menjadi sirkuit paling buruk bagi Yamaha di musim ini.

Sebab terpuruk Yamaha di MotoGP Austria 2018

Valentino Rossi menjelaskan sebab terpuruk Yamaha di MotoGP Austria 2018, seperti dilansir dari autosport.com (10/08) karakter sirkuit Red Bull Ring dengan tikungan lambat dan trek lurus yang panjang sangat tidak cocok dengan Yamaha. Ini adalah masalah besar untuk Yamaha yang sudah puasa kemenangan lebih dari 1 musim.

Kombinasi karakter sirkuit ini menjadi mimpi buruk bagi Yamaha, lebih lanjut Rossi menjelaskan memulai dengan gigi 1 atau 2 pada tikungan tajam setelah trek lurus disinilah Yamaha sangat menderita. Seperti yang kita ketahui Yamaha mengalami masalah dalam akselerasi yang tak kunjung terselesaikan.

Yamaha M1 memang terkenal dengan keunggulan cepat saat menikung, di Austria sudah pasti Yamaha akan kesulitan karena tak banyak tikungan cepat disini. Rossi juga menjelaskan akselerasi Yamaha semakin bermasalah saat kondisi hujan, bahkan Rossi tertinggal 2,3 detik dari Marquez yang mencatat waktu tercepat di FP2.

Masalah akselerasi yang berhubungan dengan elektronik ini semakin muncul saat hujan disebabkan grip yang semakin berkurang dengan kondisi aspal basah. Dengan kondisi saat ini jika Yamaha tak berhasil menemukan cara agar bisa sedikit lebih cepat pada sesi FP3, maka bukan tidak mungkin duo Movistar Yamaha ini akan memulai kualifikasi dari sesi Q1 memperebutkan 2 tempat ke Q2.

Baca juga artikel terkait pilihan berikut:

Ingin berlangganan gratis artikel terbaru stradamotoblog.com? silahkan daftarkan email anda pada widget sebelah kanan atas untuk desktop, dan scroll kebawah (dibawah kolom komentar) untuk versi mobile.

Instagram: @stradamotolife

Twitter: @stradamotoblog

YouTube: STRADA MOTOLIFE

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *