Review Oli Shell Advance AX7 Enduro 4T Racing dan Castrol Power 1

Review Oli Shell Advance AX7, Enduro 4T Racing, dan Castrol Power 1

Stradamotoblog.com – Review Oli Shell Advance AX7 Enduro 4T Racing dan Castrol Power 1. Banyak pengendara motor yang sering bertanya “oli apa yang cocok untuk motor saya?”, pertanyaan itu sangat sering muncul dan saya dengar sendiri. Kali ini saya akan memberikan Review Oli yang umum menjadi pilihan para biker sesuai pengalaman saya ketika menggunakan ketiga merk oli tersebut pada Honda Supra X 125 Helm-in.

Perkakas

Review ini akan saya coba paparkan dari beberapa aspek, dengan maksud agar dapat menjadi referensi bagi teman-teman pengendara motor dalam memilih oli. Ketiga merk oli yang saya review ini adalah merk yang cukup banyak peminatnya di Indonesia dan cukup favorit.

Secara spesifikasi ketiga oli ini memiliki tingkat kekentalan yang sama yaitu 10W-40, dan ketiga oli ini terpaut dalam rentang harga yang tidak jauh berbeda. Berikut detail Review Oli Shell Advance AX7 Enduro 4T Racing dan Castrol Power 1 dengan perbandingan dalam beberapa aspek :

1. Perpindahan gigi

Pada oli castrol power 1 perpindahan gigi sangat halus tanpa ada gejala slip kopling, sedangkan enduro 4t racing perpindahan gigi agak keras dan sesekali mengalami slip kopling terutama antara perpindahan gigi 1 ke gigi 2. Untuk shell advance ax7 perpindahan gigi ketika awal pemakaian motor agak keras tapi tidak ada gejala slip kopling, kemudian lain halnya ketika motor sudah berjalan antara 15-20 menit perpindahan gigi berubah menjadi halus walaupun tidak sehalus castrol power 1.

2. Tarikan/akselerasi

Dari segi tarikan castrol memiliki ciri khas yang smooth dan halus tetapi kurang bertenaga terutama pada putaran atas, dimana ada rasa seperti tarikan menjadi agak kosong dan tenaga hilang tiba-tiba saat perpindahan dari gigi 3 ke 4. Selain itu untuk pemakaian yang agak lama misal setelah riding mencapai 2 jam lebih, pada oli castrol saya merasakan tarikan menjadi lebih kasar. Untuk enduro 4t racing ciri khas tarikan yang dihasilkan mirip dengan oli yang berspesifikasi dibawahnya yaitu 10W-30, tarikan berisi dan bertenaga tapi terasa kasar dan nafasnya menjadi agak pendek. Shell advance ax7 memiliki karakter tarikan yang bertenaga sampai putaran atas, cenderung linier dari putaran bawah, dan cukup halus walaupun tidak sehalus castrol power 1.

Baca juga: Prinsip Kerja Oil Change Indicator Honda All New PCX 150

3. Getaran

Untuk getaran mesin yang ditimbulkan dari ketiga oli ini, castrol power 1 paling halus dan minim getaran, tetapi untuk pemakaian riding yang lama lebih dari 2 jam getaran yang dihasilkan pun sedikit berubah menjadi lebih kuat. Sedangkan enduro 4t racing menghasilkan getaran yang cukup kuat mirip ciri khas oli lebih encer 10W-30, dan tidak nyaman untuk pemakaian lama ada rasa seperti kesemutan pada kaki dari getaran mesin yang dihasilkan. Pada  shell advance ax7 getaran mesin yang dihasilkan cukup halus tetapi tidak sehalus castrol power 1.

4. Ketahanan

Ketahanan yang dimaksud disini adalah jarak tempuh dengan performa maksimal dari setiap oli. Pada castrol power 1 saya merasakan oli ini maksimal hingga jarak tempuh sekitar 1500 km, dan kemudian performanya mulai menurun. Sedangkan pada enduro 4t racing performa maksimal yang saya rasakan hanya sekitar 1000 km lebih sedikit dan kemudian mulai mengalami penurunan. Untuk shell advance ax7 adalah oli paling tahan yang pernah saya coba, hingga 2000 km pemakaian, performa yang dihasilkan masih belum mengalami penurunan signifikan.

Kesimpulan

Dari perbandingan ketiga oli ini untuk secara umum disemua aspek enduro 4t racing bisa dikatakan kalah, sedangkan antara castrol power 1 dan shell advance ax7 memiliki kecocokan yang berbeda. Castrol power 1 lebih cocok digunakan untuk pemakaian harian dengan jarak tempuh tidak terlalu jauh dan durasi riding tidak terlalu lama, sedangkan shell advance ax7 lebih cocok untuk pemakaian dengan jarak tempuh jauh dan durasi riding lama seperti touring.

Baca juga: Review Oli Motor Lupromax Razer 4T Racing dan Lupromax Aegle

Demikian perbandingan Review Oli Shell Advance AX7 Enduro 4T Racing dan Castrol Power 1, semoga dapat memberikan sedikit gambaran bagi teman-teman pembaca dalam memilih oli. Review ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi pemakaian sendiri ketiga oli ini pada motor Honda Supra X 125 Helm-in saya, perlu diketahui bahwa performa oli yang sama bisa berbeda pada setiap motor.

Tonton juga video review oli berikut antara MPX 1, SPX 1, dengan Castrol Power 1:

 

Advertisements

6 Comments on “Review Oli Shell Advance AX7 Enduro 4T Racing dan Castrol Power 1”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *