Apa yang Terjadi Jika Knop Keyless All New PCX Diputar Paksa ?

keyless honda pcx stradamotoblogcom

Honda All New PCX 150 telah resmi diluncurkan oleh Honda yang termasuk didalam line up skutik premium dengan body yang bongsor dan desain yang mewah. Sejalan dengan label premiumnya, All New PCX tentu dilengkapi dengan fitur yang premium, salah satunya yaitu sistem penguncian smart key atau lazim disebut dengan keyless yaitu sebuah sistem menyalakan dan mengunci motor tanpa anak kunci konvensional seperti pada gambar diatas. Namun, apakah yang akan terjadi jika knop keyless diputar secara paksa saat motor dalam keadaan terkunci?.

Pertanyaan ini sebenarnya adalah pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan oleh kalangan pecinta motor, dan ingin tahu apakah sistem keyless All New PCX ini aman sama dengan sistem keyless pabrikan lain yang tersemat pada motor sport fairing 150 cc mereka?. Pada acara Regional Public Launching Honda All New PCX 150 oleh main dealer Honda Menara Agung Sumatera Barat, admin Strada Motoblog bekesempatan langsung untuk menanyakan hal ini saat sesi press conference yang dihadiri langsung oleh para petinggi main dealer Honda Menara Agung sebagai narasumber.

Press Conference All New PCX
Press Conference All New PCX

Pada acara yang berlangsung tanggal 3 Maret 2018 tersebut Rudi Arfandi selaku Instruktur Trainer Technical Service Honda Menara Agung menyatakan bahwa : “Apabila knop keyless diputar paksa saat motor dalam keadaan terkunci atau diluar pengawasan, knop tetap bisa diputar penuh kearah kiri maupun kanan hingga posisi semula namun bagian dalam knop tidak ikut berputar, sehingga sistem keyless tidak akan rusak dan aman”. Jadi bisa disimpulkan bahwa jika diputar paksa saat kondisi terkunci, knop keyless hanya akan berputar kosong tanpa fungsi, hampir mirip dengan sistem keyless yang digunakan oleh pabrikan lain pada motor sport 150cc sport fairing mereka.

Baca juga:

Termasuk Motor Premium, Inilah Hak Pemilik All New PCX Ketika Servis

Prinsip Kerja Oil Change Indicator Honda All New PCX

Hal ini juga sudah dibuktikan sendiri oleh Antonius Yulianto dari Otomotif TV yang membahas detail sistem keyless All New PCX ini pada salah satu video yang bisa teman-teman tonton disini. Pada video tersebut Aan sapaan akrap Antonius Yulianto mempraktekkan memutar knop keyless saat sistem ini dalam keadaan off atau terkunci, dan hasilnya knop hanya berputar kosong. Jadi sudah dapat dipastikan knop keyless ini sangat aman untuk pengguna dan Honda sudah memperhitungkan hal-hal serta kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *