Cara Pasang Voltmeter Motor Untuk Cegah Aki soak

stradamotoblog.com

STRADAMOTOBLOG.COM – Cara Pasang Voltmeter Motor Untuk Cegah Aki soak. Aki soak adalah masalah yang tidak jarang ditemui pada pengguna motor yang penyebabnya beragam. Mulai dari motor yang jarang dipakai, hingga terlalu banyak aksesoris yang menambah berat beban aki.

Kalau aki soak, tentu sangat mengganggu pengguna terutama untuk menghidupkan motor, apalagi motor yang bergantung pada starter elektrik. Voltmeter adalah solusi murah meriah yang dapat diambil untuk mencegah terjadinya aki soak pada motor kesayangan, dan berikut tutorial cara pasang voltmeter motor.

Apa itu Voltmeter dan fungsinya?

Voltmeter adalah alat yang digunakan untuk memantau tegangan, dan untuk motor telah banyak dijual Voltmeter berbentuk kecil yang dapat digunakan untuk memantau tegangan aki. Fungsi dari Voltmeter adalah memantau tegangan aki, namun lebih lanjut dengan memantau tegangan aki pengguna bisa menentukan dan waspada apabila nilai tegangan dibawah dan diatas normalnya.

Jika nilai tegangan dibawah normal adalah gejala aki soak, dan dapat ditanggulangi dengan dicas (charge). Sedangkan jika nilai tengangan diatas normal ada kemungkinan masalah pada regulator/kiprok pengisian aki.

Baca juga : Cara Mengganti Kabel Km Honda Supra X 125 Helm-in

Cara pasang Voltmeter

Kali ini stradamotoblog.com akan memberikan tutorial cara pasang voltmeter pada motor Honda Supra X 125 Helm-in, namun bisa diterapkan pada semua motor karena prinsipnya sama. Berikut langkan-langkah cara memasang voltmeter :

1. Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan cukup simpel yaitu Voltmeter, obeng, dan solasi.

2. Tentukan posisi Voltmeter dan kabel

Selanjutnya tentukan dulu dimana voltmeter akan dipasang, dan jalur kabel yang akan diambil. Posisi yang ideal adalah disekitar speedometer, stang, dan batok kepala belakang. Kemudian jalur kabel bisa diambil dari sumber arus terdekat seperti dari speedometer, lampu dsb. tergantung jenis motor. Disarankan untuk mengambil arus yang terhubung ke kontak.

3. Proses pemasangan

Pemasangan voltmeter pada Supra X 125 Helm-in terlebih dahulu buka batok kepala yang tutorialnya bisa klik disini. Kemudian untuk sumber arus voltmeter saya menghubungkan dengan kabel indikator bensin. Kabel ini dipilih karena memiliki skun sehingga tak perlu memotong-motong kabel lain untuk mendapatkan arus.

Kabel indikator bensin
Kabel indikator bensin

Kabel positif voltmeter yang warna merah dihubungkan dengan kabel sumber arus indikator bensin dari kontak yang berwarna hitam. Kemudian kabel negatif voltmeter yang warna hitam dihubungkan dengan kabel negatif indikator bensin yang berwarna hijau. Setelah kabel disambungkan lakukan pengetesan terlebih dahulu. Jika hasil tes menunjukkan voltmeter sudah berfungsi dengan baik, rapikan kabel dan solasi sambungan kabel. (Note : Warna kabel berbeda untuk setiap pabrikan motor).

Demikianlah tutorial cara pasang Voltmeter untuk mencegah aki soak, cukup mudah dan simpel. Jika masih bingung denga tutorial yang telah dijelaskan diatas langkah detail lebih lengkapnya bisa tonton video berikut :

Jangan lupa daftarkan email anda untuk berlangganan artikel berita motogp terbaru dan otomotif roda dua stradamotoblog.com (disudut kanan atas versi desktop, dan scroll kebawah untuk mobile). Follow dan ikuti juga sosial media stradamotoblog.com :

YouTube : STRADA MOTOLIFE

Instagram : @stradamotolife

Twitter : @stradamotoblog

Kontak email : stradamotolife21@gmail.com

.

Advertisements

2 Comments on “Cara Pasang Voltmeter Motor Untuk Cegah Aki soak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *