Cara Pasang Lampu LED 3 Sisi, 4 Sisi, dan 6 Sisi di Semua Motor

Cara pasang lampu LED

STRADAMOTOBLOG.COM – Cara Pasang Lampu LED motor 3 , 4, dan 6 sisi pada prinsipnya hampir sama untuk semua motor dan cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Lampu LED memang memiliki pesona tersendiri dan banyak diaplikasikan pada motor-motor keluaran terbaru. Namun, untuk motor keluaran lama tak perlu khawatir berikut adalah tutorialnya.

LED adalah singkatan dari light emitting diode, merupakan tipe lampu yang semakin banyak diaplikasikan pada kendaraan bermotor terbaru baik mobil maupun motor. LED dipilih karena berbagai keunggulannya dibanding bohlam yaitu konsumsi energi kecil, tahan lama, tak menimbulkan panas berlebih, dan nyala terang dengan warna keren.

Untuk motor, Lampu LED yang banyak dicari adalah tipe 3 sisi dan 6 sisi, sementara itu untuk 4 sisi meskipun ada namun tak banyak dipilih. Lampu LED 6 sisi biasanya dipilih untuk digunakan pada reflektor dengan 1 lampu, sedangkan 3 sisi biasanya dipilih untuk reflektor dengan 2 lampu. Cara pasang lampu LED tipe ini cukup mudah tanpa perlu melakukan banyak ubahan pada motor.

Cara pasang lampu LED 3 sisi, 4 sisi, dan 6 sisi di semua motor

Lampu LED 3 sisi, 4 sisi, dan 6 sisi tersedia dengan berbagai macam merk di pasaran dan secara umum semuanya sama. Biasanya terdiri dari 4 komponen utama yaitu lampu led dengan kipasnya, berbagai tipe socket + per (biasanya H6, H4, dan HS1), 3 buah kabel (kabel negatif, lampu dekat, dan lampu jauh), dan modul atau driver yang berfungsi sebagai perubah arus AC menjadi DC atau adaptor (tergantung merk). Berikut gambaran umum pada lampu LED 3 sisi merk Luminos yang saya pakai.

Cara pasang lampu LED
Komponen Lampu LED 3 Sisi

Berikut langkah demi langkah cara pasang lampu LED:

  1. Pasang socket/fitting, pilihlah jenis socket/fitting yang sesuai untuk motor. Tipe H6 biasanya digunakan pada motor bebek dan matic, sementara itu tipe H4 biasanya dipakai pada motor sport. Pemasangan fitting ini cukup mudah, karena pada bagian atas lampu LED sudah tersedia lubang jalur peletakan mur. Tinggal kaitkan saja fitting dengan baut kemudian kunci dengan mur dan fitting juga bisa distel maju mundur menyesuaikan pemasangan di motor agar cahaya tidak terlalu ke atas/ lampu tidak mentok di speedometer.

    Cara pasang lampu LED fitting (2)
    Pemasangan fitting H6
  2. Pemasangan pada reflektor, selanjutnya letakkan per di tempat lampu, kemudian lampu LED bisa dipasang seperti pemasangan bohlam biasa pada reflektor yaitu ditekan dan diputar.
  3. Perkabelan, pada bagian perkabelan ini memang sedikit agak ribet. Pada kabel bawaan motor, fitting lampu utama harus dipotong atau minimal harus dicoak, kemudian sambungkan masing-masing dengan kabel lampu LED yaitu warna hijau negatif, warna biru lampu jauh, dan warna putih adalah lampu dekat. Jangan lupa pada masing-masing sambungan ditutup dengan solasi atau lebih aman jika menggunakan slang bakar.
  4. Pengaturan, jika lampu LED mentok di speedometer saat pemasangan maka posisi fitting lampu perlu dimundurkan dengan mengulang langkah nomor 1. Jika cahaya lampu LED terlalu ke atas dan menyilaukan, maka pemasangan lampu LED di reflektor perlu dimundurkan dengan cara memajukan fitting semaksimal mungkin. Jika masih silau lampu utama motor dapat distel ulang dengan mengendorkan baut penyetel yang biasanya ada dibawah batok lampu, kemudian turunkan sampai maksimal menghadap kebawah.

Demikianlah tutorial cara pasang Lampu LED 3 sisi, 4 sisi, dan 6 sisi yang umum menjadi pilihan para pengguna motor di Indonesia. Jika langkah-langkah tutorial diatas masih kurang dipahami silahkan tonton video berikut ini agar lebih jelas.

Ingin berlangganan gratis artikel terbaru stradamotoblog.com? silahkan daftarkan email anda pada widget sebelah kanan atas untuk desktop, dan scroll kebawah untuk versi mobile.

Instagram: @stradamotolife

Twitter: @stradamotoblog

YouTube: STRADA MOTOLIFE

Advertisements

2 thoughts on “Cara Pasang Lampu LED 3 Sisi, 4 Sisi, dan 6 Sisi di Semua Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *