Cara Mengganti Kabel Km Honda Supra X 125 Helm-in

Pernahkah secara tiba-tiba teman-teman mengalami speedometer yang mati?, secara umum penyebab speedometer mati yang paling sering terjadi adalah putusnya kawat didalam kabel km yang terhubung antara speedometer dengan sumbu roda depan. Cara mengatasinya adalah cukup dengan mengganti kabel Km dengan yang baru maka speedometer akan normal kembali. Berikut tutorialnya yang saya lakukan sendiri pada Honda Supra X 125 Helm-in.

Alat & Bahan

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk mengganti kabel km adalah sebagai berikut :

  1. Obeng + (plus) dan – (minus).
  2. Tang.
  3. Kabel km yang baru sesuai tipe motor yang bisa dibeli di dealer resmi, dan untuk Honda Supra X 125 Helm-in saya peroleh seharga Rp. 22.500 saja.
  4. Gemuk/grease.
  5. Kemauan dan niat yang kuat 😀

Cara mengganti kabel speedometer

Berikut adalah langkah-langkah pengerjaannya dari awal hingga akhir yang saya jabarkan secara detail :

  1. Buka batok kepala, caranya cukup mudah tinggal lepas semua baut yang mengunci batok kepala dan batok kepala dapat dilepas, untuk Supra X 125 Helm-in bisa lihat videonya disini.
  2. Lepas kabel km yang lama, lepas kabel km yang lama dikedua ujung yaitu pada roda depan dengan cara mencongkel pakai obeng – (minus), kemudian untuk ujung yang menempel pada speedometer dapat dilepas dengan cara diputar searah jarum jam, jika cukup keras dapat menggunakan bantuan tang.
  3. Pasang kabel km yang baru, caranya masukkan ujung kabel km terlebih dahulu dari atas body depan sesuai jalur dan bracket yang ada, setelah itu berikan grease pada ujung kawat kabel km, kemudian pasangkan pada kedua ujung yaitu pada roda depan dan speedometer.
  4. Uji hasil pasang, sebelum memasang kembali batok kepala lakukan pengujian terlebih dahulu yaitu dengan cara mengangkat roda depan, putar kearah depan (maju) dengan kuat, dan lihat apakah jarum speedometer sudah bergerak? jika sudah maka perbaikan berhasil.
  5. Pasang kembali batok kepala.

Baca juga :

Cara Pasang Voltmeter Honda Supra X 125 Helm-in

Cukup mudah bukan untuk melakukannya sendiri?, jika melakukannya dibengkel resmi jasa pemasangan yang harus dibayarkan adalah Rp. 15.000. Walaupun mungkin tidak seberapa mahal biaya ini, dengan melakukannya sendiri selain hemat biaya tentu juga hemat waktu tanpa perlu mengantri panjang hanya untuk menunggu giliran. Demikian tutorial cara mengganti kabel km Honda Supra X 125 Helm-in, jika ada yang ingin ditanyakan tulis saja di kolom komentar.

Advertisements

2 Comments on “Cara Mengganti Kabel Km Honda Supra X 125 Helm-in”

  1. Nah ini dia yang saya cari2. Tutorialnya lengkap dan teratur gampang buat diikutin ada videonya juga jd gak ragu buat ngelakuin sendiri. Lanjutkan pak bikin kyk gini, banyakin lagi tutorialnya ?????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *