Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Degreaser

cara membersihkan blok mesin dengan degreaser

STRADAMOTOBLOG.COM – Membersihkan blok mesin baik motor atau mobil sebenarnya bukanlah perkara sulit. Namun perlu diperhatikan cara yang aman untuk membersihkannya. Salah satu cara yang terjamin aman adalah menggunakan Rexco 70 degreaser, berikut tutorial cara membersihkan blok mesin dengan degreaser.

Teman-teman pembaca blog ini sedikit banyak pasti sudah tahu dengan nama Rexco, yaitu sebuah brand yang memproduksi berbagai macam cairan pelumas dan pembersih. Rexco 70 multi degreaser adalah sebuah produk pembersih dari rexco yang diperuntukkan untuk membersihkan permukaan metal dari oli, gemuk, kotoran dan debu.

cara membersihkan clok mesin dengan degreaser
Sumber: rexco-solution.com

Penggunaan Rexco 70 dapat diaplikasikan di berbagai bidang seperti mesin motor dan mobil untuk otomotif, kompor pada bidang rumah tangga, dan berbagai macam bidang lain yang berkaitan dengan metal. Rexco 70 dijamin aman untuk penggunaan karena berbahan dasar air (water base), bahkan kita tidak perlu khawatir saat membersihkan bagian blok mesin yang ada kombinasi bahan lain seperti karet.

Hal ini sangat penting, karena saya sendiri pernah punya pengalaman buruk ketika membersihkan blok mesin. Bermodal dari tutorial yang banyak beredar di youtube saya membersihkan blok mesin dengan campuran solar + sabun cuci piring. Hasilnya memang lumayan agak bersih, namun setelahnya blok mesin saya selalu mengeluarkan asap dan ada oli yang menetes. Setelah saya selidiki ternyata seal klep pada blok mesin bawah rusak dan ini adalah akibat dari metode pembersihan yang saya lakukan.

cara membersihkan blok mesin dengan degreaser rexco70
Seal klep Supra X 125 Helm in yang rusak

Cara membersihkan blok mesin dengan degreaser

Berikut langkah-langkah cara membersihkan blok mesin yang benar dengan degreaser Rexco 70:

  1. Pastikan mesin dalam kondisi mati dan berada dalam keadaan dingin (sejuk/suhu normal).
  2. Semprotkan Rexco 70 pada permukaan blok mesin secara merata. Agar penggunaan lebih efisien disarankan menggunakan bantuan sedikit air karena Rexco 70 ini juga berbahan dasar water base.
  3. Gosok perlahan-lahan bagian blok mesin dengan kuas atau sikat gigi, bagian yang paling kotor bisa menjadi perhatian khusus.
  4. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air.
  5. Keringkan dengan menggunakan lap hingga benar-benar kering.
  6. Karena Rexco 70 berbahan dasar water base kemungkinan timbulnya karat setelah dibersihkan tetap ada apalagi jika pengeringan tidak sempurna. Oleh karena itu setelah bersihkan semprotkan Rexco 50 sebagai pelindung dari karat.

Tutorial lebih jelas untuk cara membersihkan blok mesin dengan Rexco 70 Multi Purpose Degreaser bisa tonton video berikut :

Baca juga :

Merawat Rantai dengan Rexco 50 dan Rexco 25 Untungnya Berkali Lipat

Demikianlah cara membersihkan blok mesin dengan degreaser Rexco 70. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk solusi aman cara membersihkan blok mesin motor maupun mobil.

Advertisements

One Comment on “Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Degreaser”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *